10 Tips Membentuk Keluarga Bahagia

Keluarga bahagia tercermin dari keluarga yang langgeng dalam kehidupannya. Trik berikut ini membantu Anda untuk memiliki keluarga bahagia melalui komunikasi terbuka, komitmen, saling menerima, dan kasih sayang.

Ingin tahu rahasia memiliki keluarga bahagia?
Inilah beberapa tips untuk mencapainya :

1. Keberadaan Anda sangat penting
Hadirlah selalu dalam keluarga tercinta Anda. Kehadiran orang tua jauh lebih berharga daripada hadiah. Selain itu, kualitas kebersamaan lebih penting daripada lamanya waktu bersama-sama dengan mereka. Kebersamaan bukan hanya berarti Anda hadir pada acara ulang tahunnya saja. Kebersamaan yang berkualitas melibatkan ikatan emosional antara orang tua dengan anak pada kehidupan sehari-hari.

2. Selalu ungkapkanlah
Bila Anda merasa kikuk mengatakan ‘Aku cinta padamu’, berikanlah pelukan atau ciuman, karena kedua hal sederhana tersebut dapat mempererat tali cinta kasih dan perhatian kepada sesama

3. Berkomunikasi secara efektif
Berkomukasi positif adalah trik penting untuk sebuah keluarga bahagia. Dengan berkomunikasi yang terus menerus dan efektif dapat meredakan ketegangan dan menenteramkan hubungan keluarga.

4. Persamaan
Di antara anak-anak, selalu ada perbedaan. Ada anak yang lebih pandai, ada yang lebih bisa menguasai diri, atau memiliki kemampuan lebih menonjol lainnya. Namun di dalam keluarga yang bahagia, setiap orang harus diperlakukan sama. Anda tidak boleh pilih kasih.

5. Kebersamaan, untuk membentuk ikatan keluarga
Untuk memiliki keluarga bahagia, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang memupuk rasa kebersamaan. Misalnya berbelanja bersama, melakukan kegiatan sosial, menonton, makan malam bersama, hiking, dan lainnya. Kegiatan apapun yang dilakukan bersama akan memberikan kenangan indah yang melekan dalam benak keluarga.

6. Pergi “sapasang-sepasang”
Untuk keluarga yang memiliki beberapa anak, ada kalanya Anda perlu meluangkan waktu untuk pergi bersama masing-masing anak. Tujuannya, agar Anda lebih dekat dengan setiap anak karena sepenuh waktu hanya untuknya. Contohnya, di dalam hari yang sama suami Anda pergi bersama si sulung, sementara Anda berbelanja dengan si bungsu.

7. Maaf saja tidak cukup
Walaupun Anda adalah orang tua mereka, jangan ragu untuk mengatakan ‘maaf’ kepada mereka bila Anda bersalah. Selain itu, tanamkan prinsip ‘tindakan berarti lebih dari kata-kata’ dengan cara mengubah sikap dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

8. Menghargai perilaku yang baik
Jangan hanya memberikan teguran atau hukuman saja. Sebaliknya, Anda juga harus memberikan apresiasi bila anak-anak melakukan sesuatu yang luar biasa. Apresiasi selain berupa pujian dan ucapan terima kasih, Anda juga dapat menemani mereka nonton TV lebih lama atau mengijinkan mereka makan es krim 1 scoop lebih banyak daripada biasanya.

9. Berolah raga bersama
Berolah raga bersama dapat memperat hubungan keluarga dan memberikan gaya hidup sehat. Seluruh anggota keluarga dapat bermain bulu tangkis bersama, bersepeda, bermain bola, dll.

10. Bersenang-senanglah. Have fun!
Untuk memiliki keluarga bahagia, semua orang tua haruslah mengajak anggota keluarga bersenang-senang. Bermainlah bersama mereka, nikmatilah suasananya dan anggaplah diri Anda sebagai teman mereka — bukan orang tua mereka. Buatlah momen yang indah dan jadikanlah momen tersebut kenangan terindah di dalam hidup mereka. Be happy!