Memelihara hewan peliharaan merupakan suatu kesenangan tersendiri. Dengan hewan peliharaan seseorang akan belajar bertanggung jawab merawatnya. Selain itu hewan peliharaan dapat mengurangi tingkatan stres yang kamu alami.

Kucing dan anjing merupakan hewan peliharaan lucu yang sudah umum dipelihara. Bagi kamu yang ingin mempunyai hewan peliharaan selain kucing dan anjing, hewan-hewan berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menemanimu di rumah.

Nah, berikut dirangkum dari berbagai sumber, mengenai hewan peliharaan lucu selain kucing dan anjing yang dapat kamu pelihara di rumah.

1. Kelinci
Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan lucu favorit banyak orang. Hampir semua toko hewan peliharaan menawarkan hewan lucu ini. Perawatan kelinci juga tergolong mudah. Kamu bisa menaruhnya di dalam kandang atau membiarkannya melompat dan berlari dihalaman rumah. Jenis makanan kelinci dapat dengan mudah ditemui seperti sayur, buah atau rumput.

2. Hamster
Hamster merupakan salah satu hewan pengerat. Banyak orang yang menjadikan hamster sebagai hewan peliharaan mereka. Tubuhnya yang imut dengan bulu yang halus membuat orang-orang gemas dan ingin memeliharanya. Makanan hamster dapat berupa biji-bijian atau sayuran. Kamu dapat menaruhnya pada kandang dengan aksesoris untuk menunjang kelincahan hamstermu.

3. Marmut
Hewan ini hampir mirip dengan hamster namun berukuran lebih besar. Marmut adalah salah satu jenis binatang pengerat dengan habitat asli di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Nama marmot berasal dari bahasa Latin mures monti yang berarti tikus gunung.
Kebanyakan marmut tergolong hewan sosial, marmut berkomunikasi satu sama lain dengan siulan nyaring, terutama jika merasa ada bahaya. Perawatan hewan lucu ini juga sama dengan hamster dan kelinci.

4. Kura-kura
Kura-kura air dalam bahasa lain disebut Trrapine Carolina kini telah menjadi hewan peliharaan lucu populer di kalangan remaja para pecinta hewan reptil. Hewan yang bentuknya lucu dan unik ini sebagian besar hampir ada semua perairan di dunia daerah tropis dan subtropis, baik air tawar maupun air laut.
Keunikan hewan peliharaan ini adalah memiliki proses tidur dalam jangka panjang atau biasa disebut hibernasi. Proses tersebut adalah bentuk pertahanan diri terhadap cuaca ekstrim. Kura-kura air dalam proses hibernasinya ialah dengan merendamkan diri di dalam lumpur sepanjang cuaca ekstrim tersebut berjalan.
Kura-kura air yang kerap ditemui di toko hewan peliharaan adalah jenis kura-kura brazil.

5. Ikan Hias
Ada berbagai macam ikan hias yang dapat kamu pelihara. Ikan tersebut antara lain seperti ikan mas koki, cupang, guppy, platy, dan masih banyak lagi. Beragam macam ikan hias memiliki warna unik dan lucu membuat hewan ini banyak dicari sebagai hewan peliharaan. Untuk perawatan kamu cukup membersihkan akuariummnya beberapa waktu sekali dan memberinya makanan tiap hari.

6. Musang
Musang ialah hewan yang aktif dan tangkas. Bulunya sangat lebas dan halus, membuat musang menjadi hewan menggemaskan. Hewan ini dapat hidup selama 8-10 tahun. Musang merupakan hewan liar, namun dapat dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan lucu di rumah.

7. Sugar glider
Hewan ini memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Kamu bisa membawanya dipundak, kantong saku bajumu, atau mungkin dikepalamu.
Sugar Glider yang memiliki nama latin Petaurus breviceps ini merupakan hewan peliharaan kecil yang tergolong arboreal, marsupial, dan omnivora. Sugar Glider berbentuk seperti tupai terbang. hewan peliharaan lucu ini menyukai makanan yang manis-manis seperti Nectar bunga maka dari itu hewan ini disebut sugar glider.

8. Landak Mini
Landak mini merupakan mamalia yang berasal dari keluarga Erinaceinae. Landak mini dalam 5 genus memiliki 16 spesies yang dapat ditemukan di Selandia Baru, Asia, Afrika dan Eropa. Landak mini ini memiliki duri dibadannya yang sangat mudah untuk dikenali, yang mana duri tersebut adalah rambut berongga yang keras.
Kamu tidak perlu khawatir dengan duri yang ada pada hewan peliharaan lucu ini. Tak seperti landak hutan, duri landak mini tidak mengandung racun. Jika kamu sudah terbiasa memegangnya, lama kelamaan duri tersebut tidak terasa sakit, namun hanya terasa seperti memegang sikat rambut.

9. Gecko
Gecko adalah jenis tokek yang berasal dari Pakistan, Iran, dan India. Di Indonesia Gecko juga disebut tokek macan tutul karena corak tubuhnya menyerupai macan tutul.
cara memeliharanya cukup mudah. Untuk kandang kamu cukup menyediakan vivarium atau kotak sejenis plastik berukuran 90x45x45cm. Makanan utama gecko adalah serangga, seperti jangkrik, semut, atau belalang.

10. Burung Kakaktua
Burung ini dikenal dengan kemampuannya yang dapat menirukan suara-suara yang ia dengar. Dengan melatihnya burung ini dapat menjadi hewan peliharaan lucu yang menyenangkan. Kamu dapat seolah berbicara dengannya. Namun untuk memeliharanya kamu memerlukan izin tertentu karena hewan ini merupakan speses liar yang dilindungi.