Setiap negara pasti mempunyai ciri khas nya sendiri baik itu budaya ataupun keragaman hayati nya. Salah satu dari keragaman itu adalah fauna. Setiap negara mempunyai hewan nasional yang menjadi identitasnya. Spesies yang menjadi hewan nasional biasanya hewan yang langka ataupun unik yang tidak ada di negara lain. Nah berikut ini ada 12 hewan nasional dari berbagai negara. Untuk menambah wawasan mu yuk cari tahu disini!

1. Burung Kiwi (Selandia Baru)
Burung Kiwi merupakan endemik Selandia Baru yang merupakan spesies lain dari burung yang tidak dapat terbang. Ukuran burung kiwi seukuran dengan ayam domestik. Burung ini satu-satunya genus dalam familia Apterygidae. Seluruh spesies burung kiwi merupakan spesies terancam punah dan sangat langka. Dengan dijadikannya sebagai ikon Selandia Baru di harapkan akan mendorong banyak upaya untuk melestarikan dan menjaga kelangsungan hidup burung kiwi agar tidak punah.

2. Vicuna (Peru)
Vicuna atau Vikuna merupakan hewan yang hidup di dataran tinggi Andes dan salah satu dari dua Camelid Amerika Selatan. Vicuna masih berkerabat dengan llama dan di yakini sebagai nenek moyang liar Alpaca yang menjadi hewan peliharaan saat ini. Vicuna juga menghasilkan sejumlah kecil wol yang sangat halus. Wol yang di hasilkan dari Vicuna sangat-lah mahal karena Vicuna hanya dapat di cukur selama tiga tahun sekali dan harus di tangkap di alam bebas.

3. Dugong (Papua Nugini)
Dugong atau duyung adalah jenis mamalia laut yang dapat hidup sampai dengan umur 22-25 tahun. Dugong merupakan anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain Manatee. Walaupun Dugong hidup di air asin ia adalah hewan menyusui dan merupakan kerabat evolusi dari gajah. Dugong adalah hewan pemakan tumbuhan laut dan bisa di temukan di perairan Indo-Pasifik.

4. Komodo (Indonesia)
Dari sekian banyak spesies hewan unik, Indonesia menjadikan Komodo Sebagai hewan nasional. Komodo (Varanus Komodoensis) adalah spesies biawak dan kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang 2 hingga 3 meter dan beratnya mencapai 100 kilogram. Komodo bisa juga di sebut dengan biawak komodo dan berasal dari familia Varanidae. Habitat Komodo sendiri berada di Pulau Komodo, Rinca Flores, Gili Motang dan Gili Dasami Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini habitat komodo telah menyusut karena aktivitas manusia sehingga IUCN memasukan Komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan.

5. Panda (Tiongkok)
Panda termasuk kedalam famili Ursidae, seekor mamalia yang biasanya di klasifikasikan ke dalam keluarga beruang. Hewan dengan ciri khas bulu hitam dan putih ini menjadi lambang negara China dan saat ini di tampilkan pada uang emas negara tersebut. Dalam bahasa China sendiri Panda mempunyai nama "Xiong Mao" yang berarti "Kucing Beruang"

6. Elang Botak (Amerika Serikat)
Elang Botak (Bald Eagle) atau Haliaeetus Ieucocephalus adalah burung pemangsa yang terdapat di Amerika Utara. Karena mempunyai tubuh yang besar, kepakan sayap burung ini bisa membentang lebih dari dua meter. Walaupun bernama Elang Botak tapi sebenarnya burung ini tidaklah botak. Kegagahan Elang Botak menjadikannya sebagai burung nasional dan lambang dari negara adidaya Amerika Serikat.

7. Sable Antelope (Zimbabwe)
Sable Antelope (Hippotragus Niger) adalah hewan nasional Zimbabwe. Hewan ini sering menjadi buruan para fotografer karena keindahan tanduk pedangnya yang sangat tajam dan kuat. Sable Antelope merupakan hewan yang sangat agresif ketika menghadapi suatu bahaya. Pertempuran dengan lawan biasanya dilakukan dengan berlutut di barengi dengan sapuan cepat dari tanduknya.

8. Jerapah (Tanzania)
Jerapah mempunyai nama ilmiah "Giraffa Camelopardalis" adalah mamalia berkuku genap yang merupakan endemik Afrika.
Jerapah masih berkerabat dengan Sapi dan Rusa tapi berasal dari suku yang berbeda dan kerabat terdekatnya adalah Okapi. Tinggi hewan ini dapat mencapai 4,8 hingga 5,5 meter dan berat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih ringan dan pendek di bandingkan jantan.

9. Kangguru (Australia)
Hewan yang menjadi ikon Australia ini adalah Marsupial dari keluarga Marcopodidae atau Makropoda yang berarti "kaki besar". Kangguru memiliki kaki belakang yang besar kuat dan ekornya panjang berotot. Yang berguna untuk melompat dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Kantung yang terdapat dalam tubuh Kangguru betina di sebut dengan marsupium. Hewan ini muncul pada lambang Australia dan pada beberapa mata uang negara tersebut.

10. Macan Tutul Salju (Afganistan)
Macan Tutul Salju adalah salah satu dari kucing besar yang spesiesnya bernama Panthera Uncia. Habitat asli kucing besar ini berbeda di pegunungan salju Asia Tengah dari Afghanistan sampai Tibet bagian Timur. Macan Tutul Salju mempunyai bulu tebal berwarna tubuh ke abu-abuan dengan bintik hitam kecoklatan. Macan Tutul Salju adalah spesies hewan yang dilindungi.

11. Lemur Ekor Cincin (Madagaskar)
Madagaskar adalah rumah bagi tanaman dan hewan unik yang tidak dapat di temukan di belahan bumi lainnya. Termasuk dengan spesies yang satu ini yaitu Lemur Ekor Cincin. Hewan menggemaskan ini merupakan spesies lemur yang mudah di bedakan dengan jenis lemur lainnya karena mempunyai ekor panjang dengan motif seperti cincin berwarna hitam dan putih. Lemur Ekor Cincin adalah hewan Omnivora namun makanan utamanya adalah buah-buahan. Hewan yang bernama ilmiah Lemur Catta ini termasuk spesies terancam punah karena populasi nya semakin berkurang.

12. Zebra (Botswana)
Zebra merupakan hewan yang berasal dari keluarga kuda dan tersebar luas di Afrika. Spesies kuda ini paling mudah di bedakan dari jenis kuda lainnya karena mempunyai corak dan warna tubuh yang unik. Ada tiga jenis Zebra diantaranya Zebra gunung (Equus Zebra) Zebra daratan (Equus quagga) dan Zebra primitif (Equus grevyi). Warna belang pada Zebra berguna untuk membantu sistem pertahanan yang dapat membingungkan predatornya. Dan predator utamanya adalah Singa, Cheetah, Anjing pemburu dan Hyena. Walaupun tampak sama tapi corak belang pada Zebra ternyata berbeda satu sama lain, layaknya sidik jari pada manusia.

Nah itu dia ke-12 hewan nasional dari berbagai negara. Masing-masing spesies mempunyai karakteristik berbeda sehingga menjadi ikon nasional yang khas dan juga unik.