Melakukan liburan keluarga selalu menjadi agenda yang menyenangkan. Bersama-sama, kita bisa melakukan beragam hal menyenangkan. Nah, untuk membuat liburan keluarga tetap aman, nyaman, dan lebih berkesan, yuk kita baca dulu beberapa tips berikut ini, Healthy People.

Optimalkan Agenda

Menyusun agenda liburan boleh-boleh saja, tetapi ingat, jangan sampai berlebihan. Menurut friendshipcircle.org, agenda liburan yang tepat tidak mengutamakan banyaknya destinasi yang akan dikunjungi. Sebaliknya, agenda liburan yang tepat bisa menyesuaikan dengan alokasi waktu yang ditentukan. Pendek kata, biar sedikit tujuannya, yang penting maksimal pengalamannya.

Pahami Lokasi

Jika memilih lokasi liburan keluarga outdoor, pahami betul-betul lokasinya. Jangan sampai salah memilih lokasi. Misalnya, menurut pbs.org, gunung yang perlu pendakian panjang dengan trek berliku dan terjal, kurang cocok dijadikan destinasi wisata keluarga yang notabene ada anak-anaknya. Pantai berpasir putih dan berombak tenang lebih cocok untuk liburan keluarga.

Hindari Bawaan Terlalu Banyak

Alih-alih agar lebih hemat atau supaya keluarga tidak jajan sembarangan di tempat liburan, beragam bekal dan barang yang dibawa justru berlebihan. Demi kenyamanan, menurut pbs.org, bawalah bekal makanan yang sekiranya jarang didapatkan di tempat liburan, seperti sayur dan buah-buahan.

Sementara, untuk barang, cukup membawa pakaian seperlunya dan obat-obatan. Kecuali jika punya dua mobil. Menurut friendshipcircle.org, satu mobil dapat difungsikan sebagai tempat barang, satu lagi sebagai tumpangan. Dengan begitu, tidak sampai mengganggu kenyamanan, pun keamanan selama berkendara.

Estimasi Anggaran

Menurut pbs.org, anggaran menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan tujuan perjalanan. Jangan terlalu memaksakan pergi ke tujuan favorit, jika memang dana belum ada. Lagi pula friendshipcircle.org, menyebutkan bila lokasi wisata favorit kerap dibanjiri wisatawan, sehingga mengurangi kenyamanan berlibur bersama keluarga.

Perlengkapan Medis

Sekalipun sebagai pelengkap, peran peralatan medis dan juga obat-obatan sangat penting untuk dibawa selama liburan. Ini karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja, tanpa bisa diprediksi sebelumnya.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, perlengkapan medis yang perlu dibawa selama liburan minimal ada obat merah, plester antiseptik, alkohol untuk membersihkan luka dari infeksi, parasetamol, tabung oksigen untuk asma, salep anti-serangga dan obat-obatan yang telah diresepkan dokter untuk penyakit tertentu.

Terapkan tips-tips tersebut agar liburan bersama keluarga tetap aman dan nyaman. Selamat berlibur, ya, Healthy People.

Tag : ,