Halooo sahabat CoreTeam... Apakah CoreTeam sedang bingung mencari cari informasi yang terkait dengan Bagaimana Menghemat Bahan Bakar Pada Mobil?. Jangan khawatir CoreTeam semuanya,,, Kali ini i Core akan membagikan informasi yang berkaitan dengan Bagaimana Menghemat Bahan Bakar Pada Mobil. Semoga CoreTeam suka yaaaa... langsung saja di simak informasinya di bawah ini....

Beberapa produsen kendaraan terus melakukan inovasi dan meluncurkan seri terbaru mereka. Dari kekuatan yang hebat, fitur-fitur canggih dari kemewahan tubuh terus ditonjolkan.

Namun satu hal yang sering dilupakan adalah penampilan bahan bakar. Fitur-fitur canggih dan tenaga yang hebat tentunya harus kompatibel dengan bahan bakar dalam jumlah besar.

Mengingat BBM adalah salah satu kebutuhan utama mobil, dan harganya terus naik, ada banyak cara untuk melakukannya hanya untuk menghemat bahan bakar.

Bagaimana menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar?

Jika Anda juga kesulitan menghemat anggaran BBM untuk mobil favorit Anda, Financial mengundang Anda untuk mencari beberapa cara untuk menghemat bahan bakar untuk mobil super efisien di bawah:

1 Memastikan Ban Terpompa dengan Benar

Tahukah Anda bahwa ban yang dipompa dengan benar akan mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 3%? Bahkan, tekanan ban mobil Anda akan berkurang sebesar 1 PSI setiap bulan. Selain itu, suhu rendah juga dapat memengaruhi tekanan bank mobil.

Karena itu, periksa kondisi tekanan ban secara berkala setidaknya sebulan sekali. Selain menghemat bahan bakar, ban yang dipompa dengan benar akan mengurangi risiko keausan ban dengan cepat.

Jika Anda merasa kurang tekanan pada ban, Anda dapat mengisinya sendiri dengan mengunjungi pompa bensin terdekat.

Beberapa stasiun servis biasanya menawarkan kompresor otomatis yang dapat mengisi angin ban mobil Anda sesuai dengan tekanan yang Anda inginkan.

Disarankan untuk mengisi sekitar 3 PSI ketika kondisi ban Anda dingin. Selain itu, jangan sembarangan menempatkan angin pada tekanan maksimum, tetapi isi sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan ban cepat aus dan menghasilkan limbah bahan bakar.

Tips tambahan: pertama periksa penutup katup mobil Anda, dapat diisi dengan angin tanpa perlu membuka tutupnya. Dan juga periksa penutup klep mobil Anda karena bisa terjadi karena kotoran atau kebocoran.

Tune Up secara Rutin

Selain dari ban, Anda juga dapat menghemat bahan bakar dengan menyetel mesin. Mesin mobil yang disesuaikan secara teratur menghasilkan performa mobil yang lebih optimal.

Namun sayangnya, bengkel mekanik terkadang melupakan faktor penghematan bahan bakar, jadi ia biasanya menggunakan bahan bakar untuk sejumlah besar energi.

Karena itu, jangan lupa mengingatkan mekanik bengkel untuk mencoba menghemat bahan bakar.

3 Rutin Membersihkan Filter Udara

Rutin berikutnya adalah merawat saringan udara. Filter udara kotor bisa menghabiskan konsumsi bahan bakar, Anda tahu. Selain itu, ini juga dapat menyebabkan mesin mobil Anda mati saat idle.

Karena itu, lakukan perawatan dengan membersihkan filter udara secara teratur. Hindari saringan udara yang tersumbat debu, terutama jika jalan yang kotor dan berdebu sering dilewati.

4 Mengurangi Beban

Jika Anda telah melakukan ketiga metode, tetapi BBM masih sia-sia, maka ada cara termudah untuk menghemat bahan bakar. Caranya adalah memilih mobil yang lebih ringan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tambahan 100 pound dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 1-2%, lho!

Beban mobil dapat menjadi penyebab utama pemborosan bahan bakar. Ini karena beban berat dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil non-hybrid.

Selain metode ini, Anda juga dapat mengurangi beban kendaraan dengan melepaskan kursi mobil yang tidak digunakan atau dengan meminimalkan standar di mobil Anda dan menghindari memuat barang-barang berat di bagasi.

5 Menggunakan Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan

Saya baru saja menemukan bahwa ban mobil yang lebih sempit akan lebih aerodinamis dan traksi akan lebih kecil.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda dapat menggunakan ban yang lebih kecil dari yang direkomendasikan oleh pabrik. Yang paling penting adalah menggunakan ban yang pas dengan roda.

Cobalah untuk memilih ban mobil yang memiliki sedikit rolling resistance. Ini dapat menghemat bahan bakar hingga beberapa persen.

6 Memilih Oli Sintetis

Ternyata pemilihan oli juga sangat mempengaruhi penghematan bahan bakar di kendaraan Anda.

Penggunaan oli sintetis akan menghemat konsumsi bahan bakar mobil Anda sebesar 5%. Selain itu, Anda juga akan merasa bahwa penggantian oli tidak dilakukan terlalu sering. Luar biasa ya?

Berkendara Menjadi Menyenangkan dan Hemat BBM

Bagaimana, artikel ini memberi ide tips menghemat bahan bakar?

Kesimpulannya, Anda dapat menyimpan dengan meninjau dan mengendalikan yang berikut:

  • Kondisi dan perawatan mobil.
  • Cara mengemudi
  • Cara mengisi bahan bakar


Selain itu, beberapa tips umum untuk menghemat bahan bakar adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan kecepatan mesin di mobil
  • Tambahkan kecepatan secara bertahap
  • Gunakan gigi yang sesuai untuk kondisi jalan.
  • Parkir di tempat yang sejuk
  • Hindari kemacetan
  • Hindari cuaca buruk
  • Jangan menggunakan mobil dalam jarak dekat.


Jika artikel ini bermanfaat, sayang teman-teman Anda di kantor juga bingung karena bahan bakar yang tidak berguna tidak bisa mendapatkan informasi berguna seperti ini.

Jika Anda membagikan artikel ini, tentu saja, ini juga membantu Anda menghemat bahan bakar untuk membuatnya sangat terjangkau. Anda dapat membagikan artikel ini melalui WhatsApp atau jejaring sosial lainnya.

Tag : ,