Pastinya anda semua sudah mengetahui tentang teknologi - teknologi yang ada pada saat ini terutama teknologi komputer. Tetapi, apakah anda telah mengetahui bagaimanakah sejarah serta perkembangannya dari masa ke masa hingga saat ini maupun yang akan datang ? Nah disini saya akan membahas tentang itu semua. Kenapa ? karena hal ini sangat penting  mengingat tanpa peranan komputer dan revolusi didalamnya (dalam bentuk komponen perangkat keras dan perangkat lunak), akan mustahil layanan teknologi yang ada pada saat ini bisa tercipta.
Oke kita langsung masuk pada topik pembahasan tentang Perkembangan Teknologi Komputer dari Masa ke Masa.

Sejarah Komputer
Di zaman sekarang, komputer bukanlah hal baru. Komputer merupakan benda yang umum digunakan di hampir semua jenis pekerjaan. Keberadaan komputer dan teknologi - teknologi pendukung di belakangnya, telah banyak mengubah wajah dunia dan membantu kehidupan kita. Namun, apakah anda mengetahui untuk apa komputer pertama kali diciptakan ?

Komputer berasal dari kata Latin computare yang berarti menghitung. Hal ini tidak lepas dari tujuan awal diciptakaannya komputer, yaitu untuk membantu manusia di dalam proses perhitungan bersifat matematis. Perhitungan dalam hal ini bukan hanya perhitungan yang mudah, namun juga perhitungan rumit d luar batas kemampuan perhitungan manusia, yang memerlukan sumber daya yang besar. Bidang ilmu seperti matematika, fisika, kimia, banyak memerlukan perhitungan rumit di mana komputer banyak digunakan di dalamnya.

Jauh sebelum komputer diciptakan dengan tujuan awal untuk membantu manusia di dalam proses perhitungan, alat hitung manual sudah ada berupa abascus (sempoa) yang telah diciptakan beribu - ribu tahun yang lalu di China. Di abad ke 19, dengan makin berkembangannya teknologi bangsa barat (Eropa dan Amerika Serikat) sebagai akibat dari Renaisance, diciptakanlah mesin komputasi Blaise Pascal (kalkulator numerik).

Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) dan Augusta Ada (1815-1842) menciptakan mesin uap Babbage untuk melakukan perhitungan rumit differensial. Di dalam mesin Babbage ini terdapat sejumlah instruksi mesin yang dibuat oleh Agusta Ada. Hal ini menjadikan Ada sebagai programmer pertama (wanita) di dunia. Namanya kemudian diabadikan menjadi nama salah satu bahasa pemrograman, yaitu bahasa pemrograman Ada. Mesin Babbage tidak pernah terselesaikan dengan baik hingga kedua tokoh tersebut meninggal dunia, namun keberadaan mesin ini sangat mempengaruhi perkembangan komputer di masa depan.

Penemuan - penemuan lainnya turut mempengaruhi perkembangan komputer, yang di awal penciptaan lebih ditujukan untuk membantu proses komputasi (perhitungan). Antara lain Herman Hollerit (1860-1929) yang di tahun 1889 menciptakan kartu perforasi untuk perhitungan, Vannevar Bush (1890-1974) yang di tahun 1931 menciptakan kalkulator differensial, serta duet John V Atanasoff dan Cliford Berry yang di tahun 1903 berhasil menciptakan komputer elektronik untuk penerapan aljabar Boolean. 

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka peran komputer tidak lagi sebagai alat untuk membantu di dalam proses perhitungan matematis saja. Oleh sebab itu, terdapat sejumlah definisi dari para ahli mengenai komputer. Antara lain sebagai berikut :
Menurut Carl Hamacher di dalam bukunya yang berjudul Computer Organization, di sebutkan bahwa komputer merupakan mesin elektronik untuk perhitungan cepat, yang mampu menerima inputan data ditigital, melakukan pemrosesan di memori sesuai dengan aplikasi yang digunakan, untuk kemudian dihasilkan menhadi sebuah informasi.
Menurut Bryan Blissmer (1985), komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan keempat tugas berikut : meneriman inputan, memproses inputan, menyimpan perintah dan hasil pemrosesan, serta menyediakan output berupa informasi.
Menurut Fuori, komputer merupakan alat pemrosesan data yang dapat melakukan perhitungan skala besar secara cepat tanpa adanya campur tangan manusia.
Perkembangan Komputer
Beberapa refrensi menyebutkan tujuh buah generasi komputer (dengan komputer generasi ketujuh sebagai komputer masa depan), sedangkan refrensi lainnya menyebutkan enam generasi komputer saja (dengan generasi komputer keenam sebagai generasi komputer masa depan).

Pada postingan kali ini penulis menggunakan pertimbangan pemakaian versi enam generasi komputer pertama, di mana komputer generasi keenam sebagai komputer masa depan dan komputer pertama diawali oleh kemunculan komputer - komputer besar seperti misalkan ENIAC. Mesin Babbage tidak di masukkan kedalam generasi komputer manapun. Mesin ini dimasukkan sebagai pra awal kemunculan generasi komputer, salah satunya di awali ole ENIAC.

Komputer Generasi Pertama (1941-1952)
Di masa - masa awal penemuan komputer, di mana tujuan utamanya untuk membantu proses perhitangan, maka komputer mulai di terapkan di beberapa tujuan, salah satunya penerapan komputer (dan perhitungan matematis) untuk tujuan perang. Komputer generasi pertama (awal) ini diawali dengan persaingan antar negara yang terlibat dalam Perang Dunia 2. Setiap negara yang terlibat dalam peperangan akan berusaha untuk memanfaatkan komputer semaksimal mungkin untuk tujuan memenangkan peperangan. Sebagai contoh, komputer dengan kemampuan perhitungan matematisnya, digunakan sebagai alat untuk mengendalikan pesawat terbang dan peluru kendali (oleh Conrad Suze, insinyur Jerman tahun 1941), serta komputer untuk memecahkan kode rahasia Jerman (Collosus).

Setelah perang Dunia 2 berakhir, komputer tetap berkembang dengan adanya berbagai inovasi tiada henti dari berbagai ilmuwan. Howard H Aiken (1900-1973) dari universitas Hardvard menciptakan kalkulator elektronik US Navy bernama Mark. Selanjutnya diciptakan komputer bernama ENIAC (Electronik Numerical  Integrator and Computer) oleh john Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania di tahun 1946. ENIAC berukuran besar, sehingga memerlukan ruangan yang luas, sangat boros listrik dan kecepatan komputasinya rendah. ENIAC digantikan oleh UNIVAC (Universal Automatic Computer 1) yang berperan dalam proses pemilihan umum tahun 1952 di Amerika Serikat.

Setelah melihat pembahasan sekilas tentang komputer generasi pertama di atas, maka dapat diperoleh informasi penting mengenai ciri khas yang dimiliki. Komputer generasi pertama memiliki ciri khas sebagai berikut :

Instruksi - instruksi yang ditulis untuk komputer generasi pertama dibuat secara khusus untuk fungsi/tugas tertentu saja (spesifik).
Ukuran komputer sangat besar karena pada zama itu masih memakai tube vakum dan silinder magnetik, sehingga memerlukan ruangan yang sangat luas.
Boros energi listrik dengan kecepatan komputasi yang sangat rendah.
Kode mesin yang rumit dan sulit dipahami menjadikan hanya beberapa orang saja yang dapat mengoperasikan komputer di zaman itu.
Belum mengenal adanya sistem operasi dan bahasa pemrograman.

Komputer Generasi Kedua (1952/1956-1958)
Pada komputer generasi kedua ini, ukuran komputer sedikit lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama. Penemuan teknologi transistor (untuk menggantikan tube vakum dan silinder megnetik) di tahun 1948, memberikan peranan penting terhadap ukuran komputer dan perfomansinya. Namun pemakaian transistor pada komputer baru dimlai secara massal delapan tahun kemudian di tahun 1956. Sehingga komputer generasi kedua dimulai sekitar tahun 1952/1956. Komputer generasi kedua mulai relatif lebih hemat energi, lebih dapat diandalkan, dan relatif lebih cepat performansi dan komputasinya. Hal yang masih di sayangkan adalah komputer generasi kedua masih terbatas untuk super komputer saja. Hal ini menyebabkan hanya kalangan tertentu saja yang dapat memiliki dan menggunaka komputer. Sebagai contoh, perguruan tinggi, perusahaan, dan pemerintahan. para vendor dan pemain IT di era ini antara lain IBM (dengan super komputer Stretch) dan Sprery Rand (dengan super komputer LARC).

Hal yang menarik pada komputer generasi kedua adalah mulai digunakannya bahasa pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman yang lahir di masa ini antara lain Common Business Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa-bahasa pemrograman ini hanya dapat dipahami oleh beberapa orang saja. Hal ini disebabkan karena bahasa pemrograman pada zaman komputer generaasi kedua ini masih terbilang primitif, yaitu dengan adanya sejumlah kode-kode rumit. Selain itu, pada komputer generasi kedua belum ditemukan adanya sistem operasi.

Komputer Generasi Ketiga (1958-1970)
Era komputer generasi ketiga dimulai di tahun 1958, berselang dua tahun setelah pemakaian transistor secara massal ditahun 1956. Inilah bentuk perubahan teknologi yang turut mempengaruhi  perubahan komputer. Pada komputer generasi ketiga ini, mulai ditemukan IC (Integrated Circulator) yang segera menggantikan fungsi dari transistor. Peranan IC di dalam sejarah komputer sangat besar. IC mampu menekan panas yang dihasilkan komputer, mempu mengintegrasikan komponen ke dalam satu chip, sehingga menjadikan ukuran komputer makin kecil dan relatif tidak cepat panas.

Di bidang perangkat lunak, sistem operasi (dengan kernel sebagai intinya) mulai diciptakan untuk komputer. Sistem oprasi di era komputer generasi ketiga ini di mulai mampu menjalankan bebrapa tugas sekaligus (multi tasking). Selain itu, sistem operasi juga mampu melakukan monitoring terhadap memori yang digunakan. Salah satu contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S/360.


Komputer Generasi Keempat (1970-1980)
Komputer generasi keempat melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh komputer generasi ketiga. Era ini dimulai di tahun 1970. Pada era generasi keempat ini, ukuran sirkuit dan komponen elektronik komputer makin kecil namun dengan performasi yang makin baik. Di awal era ini mulai diciptakan Large Scale Integration (LSI), Very Large Scale Integration (VLSI) di tahun 1980, dan Ultra-Large Scale Integration (ULSI), yang masing-masing mampu meningkatkan jumlah komponen dalam chip hingga mencapai jutaan. Dampak secara ekonomi adalah biaya produksi makin rendah sehingga harga jual komputer makin murah. Hal ini mendorong pemanfaatan komputer untuk pribadi makin meningkat.

Pada era ini, sistem operasi untuk penggunaan pribadi mulai berkembang seiring makin banyaknya tersedia komputer pribadi (personal computer) dengan harga terjangkau. Duet Steve Job dan Steve Wozniak yang menciptakan Mac OS dan perusahaan Apple, menjadi pionir di dalam memasyarakatkan komputer pribadi sekaligus memulai industri komputer pribadi. Siapapun bisa membeli dan menggunakan komputer, bukan hanya perusahaan atau kalangan tertentu saja.

Hal lainnya lagi adalah mulai adanya kemudahan di dalam pemakaian komputer, antara lain dengan tampilan GUI (Graphic User Interface) yang mudah digunakan (user friendly), pemakaian mouse, dan lain - lain. Berturut - turut sistem operasi dan komputer di masaselanjutnya mulai mengadaptasi kemudahan - kemudahan ini.


Komputer Generasi Kelima (1980-saat ini)
Era ini telah kita rasakan saat ini. Banyak negara maju di dunia belomba - lomba menciptakan komputer generasi kelima ini. Beberapa hal yang menjadi ciri khas komputer generasi kelima antara lain :

Implementasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) pada komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) serta kemampuan untuk melakukan analisa, penentu keputusan, sensor, menyajikan virtualisasi 2D ke 3D, dan lain - lain. Teknologi - teknologi seperti Cloud Computing, Augmented Reality (AR), Machine To Machine (M2M),  Smart City, speech recognition, face recognition, text to speech, speech to text, dan masih banyak lagi teknologi lainnya, membuktikan kejayaan teknologi komputer generasi kelima ini.
Adanya pemrosesan suatu tugas secara parallel, yang melibatkan lebih dari satu komputer (bahkan ratusan dan ribuan komputer dalam satu tempat maupun di berbagai tempat diseluruh dunia. Teknologi ini antara lain grid computing, cluster computing, Cloud Computing, dan masih banyak lagi,  yang merupakan kemajuan dan inovasi dibidang jaringan komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak.
Superkonduktor yang lebih andal dan unit pemrosesannya yang jauh lebih banyak. Bukan hanya dalam ukuran yang makin besar, namun juga ke ukuran yang sangat kecil (nano computer).


Komputer Generasi Keenam (Masa Depan)
Era komputer generasi keenam merupakan era komputer masa depan. Terdapat banyak pemikiran, ide, impian, dari para ilmuwan dan pengguna komputer untuk menjadikan komputer masa depan makin canggih, makin mudah digunakan, bahkan makin lebih  menyatu dengan kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya robot dan biochip/komputer nano yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Untuk saat ini penerapan robot dan nano computer ke arah ini sudah dilakukan, salah satunya pada medis. Meski demikian, secara umum, era ini belum dimulai.

Komputer generasi keenam memiliki ciri - ciri antara lain memiliki kecerdasan menyerupai manusia (artificial intelligence), lebih canggih memiliki bentuk yang lebih beragam, serta mampu melakukan proses prediksi masa depan dan sejumlah kecanggihan lainnya di atas teknologi - teknologi saat ini. Beberapa teknologi ini berangkat dari sejumlah mimpi manusia akan teknologi komputer di masa depan. Kecanggihan - kecanggihan ini bahkan belum dapat terbayangkan untuk pemikiran manusia di zaman sekarang ini.


Nah cukup sekian tentang Perkembangan Teknologi Komputer dari Masa ke Masa, gimana setelah membaca ini, udah pada paham kan kapan bagaimana proses teknologi komputer hingga saat ini bahkan hingga masa yang akan datang.