Memiliki home theater di rumah pastinya menjadi hal yang diinginkan oleh mereka yang suka menonton film. Suasana akrab dan juga seru bisa didapat di dalam ruangan yang khusus untuk menonton ini. Selain itu juga memberikan pengalaman baru saat menonton film. Untuk kamu yang bingung bagaimana cara mendesain atau memilih perlengkapan di dalam ruang home theatermu, beriku cara merencanakan ruang dalam rumah untuk home theater.


1. Buatlah Rencana Desain Home Theater

elegan home theater

Dalam mendesain sebuah home theater tentunya terdapat beberapa pertimbangan seperti lokasi dan ukuran ruangan dalam rumah. Apakah kamu akan menggunakan ruang yang ada untuk dijadikan home theater atau membangun ruang tambahan di rumah. Tentukan layout ruangan dan keperluan di dalamnya.

Beberapa karakteristik dari Home theater yang ideal adalah


. memiliki ukuran ruang yang besar

. tidak memiliki bukaan yang banyak di dalamnya

. pencahayaan yang cukup dari dalam ruangan bukan dari luar ruangan

. lokasinya tertutup dari ruangan bising ataupun tetangga

. langit-langit yang tinggi jika menggunakan proyektor untuk diletakkan di plafon

. kedap suara

Penting untuk dapat merencanakan home theater yang sesuai budget dan juga ideal untuk rumah sehingga perlu banyak pertimbangan di dalam perencanaannya. Tentunya akan berbeda rencananya ketika memilih ruangan yang sudah ada atau membangun ruangan baru di dalam rumah.

2. Pilihlah Konsep Home Theater

ranch bohemian

Setelah mengetahui lokasi dan juga ukuran, sang pemilik rumah harus memikirkan konsep seperti apa yang dia sukai untuk home theater di rumahnya. Berbagai konsep dan tema dapat diterapkan tentunya setelah mencari inspirasi mengenai ruangan ini. Tidak lupa juga sesuaikan dengan keseluruhan ruang di rumah lainnya. Berbagai konsep mulai diterapkan dari konsep moderen hingga vintage ataupun elegan.

3. Memilih Perlengkapan Audio dan Visual

layar proyektor

Setelah merencanakan desain dan tata letaknya, tentunya penting untuk memilih perlengkapan audio dan visual untuk home theater. Tentunya teknologi yang semakin canggih akan membuat makin banyaknya pilihan untuk ruanganmu. Perlengkapan seperti layar baik proyektor atau layar datar hingga ke speaker, remote, dan kabelnya perlu diperhatikan.

Memilih antara proyektor ataupun layar datar akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan kedua layar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak orang lebih memilih layar proyektor untuk home theater mereka karena ukuran layar yang besar. Layar proyektor dapat memenuhi keseluruhan dinding ruangan sehingga memberikan kesan pengalaman dalam bioskop.

Untuk tv layar datar pun sekarang sudah keluar dengan berbagai ukuran dengan ketajaman dan juga gambar yang bagus. Selain itu mudah dipasang dan juga dapat digunakan untuk ruangan yang memiliki plafon ruangan yang rendah.

4. Berikan suasana Home Theater

warm atmosphere

Desain ruanganmu dengan dinding kedap suara, pencahayaan yang pas, dan tentunya furniture yang nyaman. Dengan menggunakan pelapis pada dinding yang membuat ruangan kedap suara, akan membuat suara di dalam ruangan terasa lebih pas seperti di dalam bioskop.

Adapun pencahayaan pada ruangan perlu diperhatikan untuk meminimalkan gangguan. Pencahayaan di dalam home theater lebih kepada suasana gelap dengan beberapa refleksi lampu dari dinding akan membuat mata orang yang melihat didalamnya tidak terganggu ataupun merasa silau. Maka dari itu pilihlah lampu gantung yang diletakkan tidak langsung menyinari orang, layar ataupun kursi melainkan ke dinding dan langit-langit. Ciptakan suasana bioskop dengan pemilihan dan perletakkan lampu.

5. Selesaikan Pembuatan Home Theater

grey theme

Setelah merencanakan, memilih dan mulai melakukan proyekmu ini, ada baiknya kamu bekerja dengan para profesional di bidang ahlinya. Selain lebih terjamin, para professional akan mudah memberikan saran mengenai desain, material dan menyelesaikan model ulang dari ruangan di dalam rumahmu.

Selain itu para professional juga akan lebih mengetahui pemasangan berbagai pelengkap home theater secara teknis. Akan baik ketika hal-hal berbahaya seperti listrik atau pemasangan elekrotnik ditangani oleh ahlinya.