Purworejo - Bagi sebagian besar orang, koran bekas atau limbah kertas hanya akan dijadikan bungkus makanan atau barang lain bahkan dibuang begitu saja. Namun tidak bagi salah satu komunitas di Purworejo ini. 

 

Di tangan mereka, limbah kertas bisa disulap menjadi kerajinan unik dan bernilai ekonomis tinggi.

 

Adalah Komunitas Rumah Kertas Indonesia, yang terdiri dari anak-anak muda kreatif yang menjadikan kertas sebagai media pembelajaran maupun karya seni unik. Komunitas yang berada di Kelurahan Cangkreplor, RT 02/ RW 02, Kecamatan Purworejo itu sudah ada sejak 2010. 

 

"Sudah dari 2010-an, namun baru mulai berkembang tahun 2013," kata salah satu trainer, Bambang Setiawan (33) ketika ditemui detikcom di rumahnya yang sekaligus menjadi markas komunitas itu, Senin (7/5/2018).

 

Berbagai jenis dan bentuk hasta karya yang dihasilkan di antaranya gantungan kunci, miniatur sepeda motor, mobil, traktor, miniatur Masjid Agung Purworejo, miniatur Tugu Jogja, miniatur bedug terbesar di dunia yang berada di Purworejo dan lain sebagainya. Untuk harga produk kerajinan dari limbah kertas itu berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 300.000.

 

Salah satu hasil kerajinan dari limbah kertas di Purworejo"Ada juga bentuk lainnya seperti perabotan rumah tangga, vas bunga guci dan lain-lain. Untuk produk yang cukup banyak diminati adalah bonsai," lanjut Bambang.

 

Hasil kreasi unik dalam berbagai bentuk itu rata-rata terbuat dari kertas koran bekas. Sebelum dibentuk sesuai keinginan, koran dipotong-potong dan dipilin membentuk tongkat kecil dan panjang.

 

Salah satu hasil kerajinan dari limbah kertas di Purworejo

Produk komunitas itu tidak hanya dipasarkan di Purworejo dan sekitaranya namun hingga kota-kota besar lainnya bahkan sampai luar jawa. Bambang pun bahkan sering menolak pesanan karena kewalahan.

 

Salah satu hasil kerajinan dari limbah kertas di Purworejo

"Yang pesan ya ada dari Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Sumatera hingga Kalimantan. Banyak pesenan juga yang kami tolak karena keterbatasan waktu dan tenaga," imbuhnya.

 

Tidak hanya membuat kerajinan dari kertas, komunitas tersebut juga memberikan pelatihan bagi siapa saja yang ingin belajar memanfaatkan limbah kertas. Selama ini, mereka juga sibuk memberikan pelatihan untuk sekolah-sekolah, PKK, karang taruna, bahkan workshop untuk masyarakat umum.

 

Proses pembuatan kerajinan dari limbah kertas di Purworejo.

"Kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar bersama kami. Selama ini kegiatan pelatihan sudah berjalan diperbagai kota dan daerah di Indonesia seperti di Padang, Palembang, Lampung, Kalimantan, Kebumen, Yogya, Surabaya, NTT dan daerah-daerah lainnya, nanti tanggal 12 Mei kami meluncur ke Tegal karena ada pelatihan di sana," pungkasnya.

 

 

 

Jika Anda Sedang Memikirkan Untuk Sewa Kantor Area Jakarta
Silahkan Kunjungi : sewakantorjakartapusat.com